Senin, 18 Oktober 2010

Tanya Jawab Menjinakkan Reptil


Pengantar
FAQ ini sedang disusun sebagai jawaban atas banyak postingan mengenai kecerdasan dan tameability dari berbagai kelompok dan jenis reptil. Hal ini diselenggarakan sebagai kumpulan pertanyaan dan jawaban.
Bisa reptil menjadi jinak?
Ya, Beberapa spesies / individu lebih mungkin untuk membiasakan diri daripada yang lain (adaptasi). Beberapa spesies / individu akan masih malu menerima makan dari tangan anda. Beberapa spesies / individu akan mentolerir penanganan sebagai imbalan untuk makanan, orang lain akan membencinya. Beberapa spesies / individu akan terbiasa ada pula akan menggigit anda.
Jika Anda ingin menjadi reptil menjadi jinak. Beli hewan yang tampak tenang dan ramah. Kecuali Anda siap untuk menginvestasikan banyak waktu dan usaha tanpa janji keberhasilan, jangan pergi untuk 'menantang' binatang lebih .
Beberapa spesies mulai ramah sejaki bayi dan ketika mereka beranjak tu hewan mulai menjadi agresif. Ular piton Python memiliki reputasi mudah dijinakan.Tetapi ada sebagian ular pyton agresif biar pun sudah dipelihara sejak masik kecil. Ada kemunhkinan sebabnya adalah kurangnya penangganan sejak kecil.
Beberapa spesies reptile susah untuk dijinakan, dapat menjadi berbahaya ketika mereka mendapatkan lebih besar. Mereka dapat menyakiti Anda, saat marah atau takut. Dan mereka berpotensi bisa membunuh Anda, jika mereka kesalahan Anda untuk makanan. Tidak peduli seberapa anda menjinakkan hewan tersebut. Kadang- kadang hewan akan mengigit  atau melukai anda, saat meraka merasa marah, terancam atau takut. Perlakukan reptile kesayangan anda dengan baik dan benar sehingga ancaman dari hewan peliharaan anda dapat di minimalkan.
Apakah reptil suka dibelai/ditimang?
Ada beberapa ular yang senang dibelai, bahkan pada kepala mereka, setelah mereka mulai menyukai dibelai/ditimang .Anda akan lebih mudah untuk menjinkanny. Untuk reptile yang msh liar harus secara bertahap Tapi begitu mereka mulai terbiasa, mereka akan menyukainya. Banyak ular akan ingin berpelukan dalam hangat, tempat-tempat gelap, seperti dibalik pakain yang anda keanakan. Jika ide Anda petting adalah binatang meringkuk di perut Anda di dalam baju Anda saat Anda membaca buku, maka ular adalah hewan peliharaan yang baik untuk Anda.
Sedangkan untuk Kura-kura dan kura-kura yang tidak suka diemong, tapi di elus- elus( di usap ), yaitu bagian bawah plastron mereka, dan mereka pasti akan mengekspresikan kesenangan mereka.
Bagaimana saya tahu, hewan saya suka menjadi dibelai/ditimang?
hewan Anda suka menjadi dibelai atau ditimang jika:
  • tidak lari diberi belaian
  • tidak mencoba untuk menghindari sentuhan anda
  • akan tidur dalam pelukan Anda
  •  terlihat santai
  • tidak mendesis atau menggigit
Bagaimana ular pintar?
Ular bisa belajar asosiasi-asosiasi tertentu. Terutama jika Anda selalu memberikan makanan ke dalam kandang dengan rutin, ular akan bisa belajar secara rurinitas..
Bagaimana cerdas kura-kura pintar?
Sama seperti ular , Kura-kura pun bisa belajar banyak hal-hal kecil dan rutinitas, Kura-kura adalah makhluk stabil - mereka tidak menyukai perubahan sama sekali.  Jika mereka hidup dalam lingkungan yang stabil , mereka akan belajar di mana untuk mendapatkan makanan dan yang berasal dari kulkas, di mana hidangan air mereka, di mana tempat favorit buang kotoran mereka (dan Anda bisa menempatkannya kertas di sana)."
Bagaimana kadal pintar?
Hal ini tergantung pada spesies. Seperti tokek , tokek paling tidak sangat cerdas sekali. Lainnya, seperti beberapa iguana, yang cukup cerdas, dan beberapa kadal monitor sangat cerdas - hampir sama cerdas, katakanlah, sebuah parkit.
Ada salah satu cerita dari seorang herpetologis untuk sebuah kebun binatang besar yang pernah melihat iguana yang menabrak pohon dengan ekornya, dan dua potong buah jatuh. kemudian iguana lain berlari dan makan kedua potongan. Hal ini, katanya, adalah hal yang paling cerdas yang pernah melihat seekor Iguana lakukan.
Iguana belajar melalui pengalaman dan mengenali penyebab sederhana dan hubungan efek,. Butuh waktu dan kesabaran, namun beberapa orang telah melaporkan keberhasilan tali dengan potty training dan pelatihan (selalu menaruh iguana di tempat yang sama untuk melakukannya dan akhirnya akan melakukannya jika diletakkan di tempat itu).
Apakah reptil mengenali individu?
YA, tapi tidak semua pada tingkat yang sama. Hal ini juga diketahui bahwa penyu dan kura-kura dapat membedakan antara pemiliknya atau bukan. Ular yang sudah sering ditangani oleh orang yang sama, akan mengenali orang itu dan lebih memilih orang tersebut.
Reptil saya Agresif/buas. Bagaimana cara menjinakkannya?
Dibutuhkan banyak kesabaran. Biarkan reptil anda  beradaptasi dengan lingkungannya, beri air, makan, dan membersihkan secara teratur. Setelah reptile anda sudah beradaptasi (waktu beradaptasi kurang lebih 3-7 hari). Selanjutnya Anda dapat mencoba dan sentuh dengan lembut atau bahkan menangkap dan menahannya. Anda dapat mengetahui hewan Anda, merasa nyaman atau tidak.
Mulailah perlahan, Jangan menakut-nakuti hewan dari awal! Mulailah dengan memegangnya selama beberapa menit ,untuk beberapa kali sehari. Jika saat anda memenggangnya si reptile dan  mencoba melarikan, cobalah mengeluarkannya dari kandang dan benar-benar memegangnya. Eluslah dengan lembut  sampai tenang, tahan beberapa detik lebih lama, dan kemudian tempat kembali di kandang.

Bagaimana saya tahu, hewan suka saya atau apa yang saya lakukan?
Hipotalamus adalah bagian dari otak dimana sebagian besar emosi kita berasal. Semua reptil memiliki tidak memiliki, sehingga mereka tidak memiliki perasaan. Karena mereka tidak bisa bicara, kita tidak tahu pasti, apa perasaan mereka.
Yang paling emosi dasar rasa takut, agresif, dan kesenangan., bahwa reptilia tidak memiliki perasaan ini dan mengungkapkannya. Mereka menghindari apa yang mereka rasa takut, menyerang apa yang membuat mereka marah, dan mencari tahu apa yang menyenangkan.
Jika Anda menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan, dan Anda melakukan hal-hal untuk hewan peliharaan Anda yang membuatnya merasa nyaman dan senang, maka reptil akan 'seperti' Anda dalam arti bahwa hal-hal yang baik datang dari Anda, dan karena itu ingin dengan Anda.
Bagaimana cara melatih  reptil saya?
Secara umum, Anda tidak bisa melatih hewan. Banyak reptil mengikuti rutinitas sehari-hari yang juga mencakup pola kehidupan mereka seperti kebiasaan kita memanjakannya.
Seberapa sering saya harus menangani reptil saya?
Semakin sering, lebih baik. Tetapi tidak begitu banyak bahwa hewan. Ada sebagian reptile cepet merasa sters akibat di sentuh.. Jika terlalu stres, mengurangi penanganan. Biar beberapa hari untuk tidak mengganggu.
Bisakah ular belajar untuk melakukan trik-trik?
Mungkin. Ada Salah satu pembaca mengajarkan ular untuk datang kepadanya, ketika dia menepuk tanah.
Kura-kura dapat belajar untuk melakukan trik-trik?
Ya. Cukup gunakan imajinasi Anda, waktu, dan memperlakukan.
Kadal bisa belajar untuk melakukan trik-trik?
Tidak juga. Banyak yang akan belajar untuk makan dari tangan Anda, atau lounge sekitar pada tubuh Anda, tetapi itu saja.
Dapatkah saya membuat binatang saya tinggal di halaman?
Tidak, Reptil umumnya datang dan pergi sesuka mereka. Sedikan pagar yang kokoh untuk supaya tidak melarikan diri.
Apakah saya dapat menempatkan reptil saya dengan tali dan pergi untuk berjalan-jalan dengan itu?
Beberapa kadal dapat dilatih untuk berjalan di atas tali.. Aku telah melihat iguana dan Savannah Monitor mampu melakukan hal ini..
Beberapa reptil cenderung mudah jinak
  • Corn snakes (ular jagung)
  • King Snakes Raja Ular
  • Milk Snakes
  • Boa constrictors Boa constrictors
  • Red eared sliders (kura- kura brazil)
  • Ball pythons Ball Python
  • Beberapa monitor, seperti Savannah Monitor, tapi itu butuh waktu
  • Python Burma (penanganan lebih keras,)
  • Spesies kura-kura kotak
Beberapa reptil cenderung pemalu
  • Ular Pucuk
  • Sebagian kecil kadal
  • D`Albert pythons
  • Tokek
  • Kadal Basilisks
Beberapa reptil yang cenderung agresif
  • Python hijau
  • Boa pohon
  • Anacondas, terutama yang hijau
  • Beberapa kadal Monitor, seperti Monitor Nil
  • Ular pyton retic.
  • Kura kura Aligator snaping & Common
Yang reptil tidak dianjurkan untuk masyarakat umum?
  • Gila Monsters
  • Ular Rattle
  • Buaya.
  • Komodo
  • Kodok
NB: Reptil yang diambil sebagian sebesar saja
Copyright by Valerie Haecky . Hak cipta oleh Haecky Valerie .
Edit & terjemah: De Hitam Putih



2 komentar:

  1. Apakah buaya yang sudah jinak dan di rawat dari kecil bisa menjadi agresif atau galak?

    BalasHapus